Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.
Penelusuran Trending (7 hari terakhir)

Download Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 PDF

Kali ini admin akan membagikan Pedoman Untuk memperingati hari Guru Nasional Pada Tahun 2023 format PDF, pedoman ini bapak ibu bisa download pada link


www.infoopm.com - Kali ini admin akan membagikan Pedoman Untuk memperingati hari Guru Nasional Pada Tahun 2023 format PDF, pedoman ini bapak ibu bisa download pada link yang akan admin sediakan di akhir artikel, dimana peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 ini tentu memiliki tema yang berbeda dengan Peringatan Hari Guru Nasional pada Tahun 2022 kemarin.

Hari Guru Nasional (HGN) ” bertepatan dengan “HUT PGRI yang ke-77” , yaitu  jatuh setiap tanggal 25 November, tepatnya  Jumat , 25 November 2022. Peringatan Hari Guru Nasional dan Peringatan HUT PGRI yang ke-77 secara bersamaan ini memberikan apresiasi kepada kita untuk lebih menghargai jasa suri tauladan yakni guru sebagai garda terdepan dalam memajukan dunia pendidikan.

Setelah kemerdekaan Indonesia, para  pengajar pendidikan mengadakan konggres Guru Indonesia yang digelar di Surakarta, Jawa Tengah Pada tanggal 24 s.d. 25 November 1945. Beragam organisasi dan kelompok guru dengan latar belakang berbeda bersatu demi NKRI. Dari konggres tersebut akhirnya berdiri Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan sejak saat itulah seluruh guru di Indonesia menyatakan dirinya bersatu dalam wadah PGRI. Dan sejak saat itu sebagai bentuk penghormatan Pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional (HGN) setiap tahunnya.

Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Dengan demikian, guru merupakan salah satu faktor yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk masa depan bangsa. Sebagai penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan tanggal 25 November selain sebagai HUT PGRI juga sebagai Hari Guru Nasional. Untuk memperingati momentum yang berharga ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah memberikan berbagai apresiasi terhadap dedikasi guru. Salah satu bentuk penghargaan tersebut adalah dengan diselenggarakannya upacara bendera memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2023.

Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023

Berikut ini beberapa pedoman dalam pelaksanaan Hari Guru Nasional Pada Tahun 2023 yang perlu kita semua pahami bersama :

1. Upacara Bendera

  1. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 pada tanggal 25 November 2023 pukul 08.00 WIB secara tatap muka.
  2. Instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri diimbau untuk menyelenggarakan upacara bendera secara tatap muka berpedoman pada ketentuan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (pedoman penyelenggaraan upacara terlampir).
  3. Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 yang diselenggarakan di Kantor Pusat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Kemendikbud RI.

2. Logo dan Tema Peringatan

  1. Tema Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 adalah “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”.
  2. Logo Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 adalah sebagai berikut.

  3. Logo Hari Guru Nasional Tahun 2023 serta Sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dapat diunduh di laman www.kemdikbud.go.id
  4. Satuan pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri diimbau untuk turut memeriahkan peringatan Hari Guru Nasional 2023 melalui berbagai media publikasi cetak, elektronik, serta media sosial dengan menggunakan logo dan tema di atas.
  5. Terkait unggahan konten media sosial, dapat mencantumkan tagar #HGN2023 dan #terimakasihguruku dalam unggahan konten peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 di media sosial.

Panduan Penggunaan Logo Hari Guru Nasioanl 2023

3. Puncak Acara Hari Guru Nasional

  1. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan berbagai acara antara lain Apresiasi GTK, Sapa GTK, Pekan Raya Belajar dan Berkarya, Simposium Program Organisasi Penggerak, serta Puncak Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 pada tanggal 25 November 2023 yang akan disiarkan langsung melalui kanal Youtube Kemendikbud RI

4. Ragam Aktivitas

  1. Satuan pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri diimbau untuk menyelenggarakan aktivitas/kegiatan dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Guru Nasional Tahun 2023 secara kreatif serta mendorong pelibatan dan partisipasi publik dengan muatan kegiatan yang mendorong semangat para guru dan memberikan apresiasi kepada guru karena telah berjasa membersamai anak-anak Indonesia dalam menemukan minat, bakat, dan potensi terbaiknya.

Download Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 PDF

Untuk lebih detailnya dalam memahami Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 ini bapak ibu bisa download file dibawah ini dengan format PDF, ketentuan dan aturan dalam pelaksanaan Peringatan Hari Guru Nasional sudah dijelaskan di dalamnya, untuk itu silahkan dowload disini
guru Hari Guru