Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.
Penelusuran Trending (7 hari terakhir)

Download Buku Panduan Pengisian PDSS 2023 PDF

Download Buku Panduan Pengisian PDSS 2023 PDF - Dokumen ini berisi panduan pengisian PDSS Tahun 2023 yang harus diisikan oleh pihak sekolah sesuai den

Download Buku Panduan Pengisian PDSS 2023 PDF - Dokumen ini berisi panduan pengisian PDSS Tahun 2023 yang harus diisikan oleh pihak sekolah sesuai dengan periode yang sudah ditetapkan oleh panitia SNPMB. PASTIKAN batas waktu pengisian PDSS agar sekolah dapat memanfaatkan dengan baik waktu yang disediakan. HINDARI mengisi PDSS di hari-hari terakhir agar tidak kesulitan mengakses sistem.

Proses penerimaan mahasiswa baru untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sudah dimulai. Jalur pertama yang dibuka ialah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023.

Seleksi SNBP 2023 hanya bisa diikuti oleh siswa kelas 12 dan dinyatakan eligible. Dulu sebutannya jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Nantinya, siswa eligible yang ingin ikut SNBP 2023 juga harus mempunyai akun SNPMB.

Akun ini untuk mendaftar di SNBP 2023. Sedangkan dalam proses SNBP 2023, siswa dan sekolah punya peran dalam satu tahapan. Yaitu pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa atau disebut PDSS.

Dikutip dari laman SNPMB BPPP, PDSS itu menjadi salah satu syarat dalam keikutsertaan sekolah untuk mendaftarkan siswanya masuk PTN. Bagi sekolah, maka harus paham tahapan pengisian PDSS. Pengisian PDSS ialah 9 Januari - 9 Februari 2023.

Cara pengisian PDSS 2023

  1. Login pada https://pdss-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id menggunakan akun yang telah terdaftar di Portal SNPMB.
  2. Cek profil sekolah pada sidebar Profil yang berisikan Informasi Sekolah dan Kepala Sekolah.
  3. Definisikan jenis kelas yang ada pada sekolah Anda pada menu Jurusan. Data jurusan ini diambil dari Portal SNPMB, pastikan Anda sudah memilih jenis kelas untuk setiap jurusan yang sudah didefinisikan.
  4. Finalisasi data sekolah dan jurusan Anda pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Sekolah”.
  5. Tambahkan siswa Eligible pada sidebar Siswa. Anda bisa menambahkan satu per satu siswa per jurusan dengan mengisikan NISN. Data NISN ini didapatkan langsung dari Portal SNPMB. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan siswa per jurusan dengan melakukan impor data.
  6. Finalisasi data siswa pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Siswa”.
  7. Selanjutnya adalah mendefinisikan kurikulum setiap semester tingkat sejumlah dengan total semester yang harus ditempuh siswa dikurangi 1 semester yang sedang berjalan. Mohon diperhatikan bahwa setiap jurusan jenis studi yang didefinisikan pada tahapan sebelumnya harus didefinisikan kurikulumnya juga.
  8. Definisikan mata pelajaran setiap semester tingkat.
  9. Lakukan finalisasi data kurikulum. Mohon pastikan anda sudah benar dalam pengisian sebelum melakukan finalisasi.
  10. Tahapan selanjutnya adalah mengisikan jenis studi setiap Siswa Eligible per Jurusan.
  11. Isikan nilai per siswa per semester tingkat dengan mata pelajaran yang telah didefinisikan sebelumnya. Anda bisa melakukan pengisian per siswa maupun secara bulk upload.
  12. Lakukan finalisasi data nilai. Mohon pastikan anda sudah melakukan pengisian dengan benar sebelum melakukan finalisasi ini karena finalisasi data nilai tidak dapat dibatalkan.
  13. Anda masih bisa melakukan pembatalan finalisasi data sekolah, siswa eligible, dan kurikulum dengan syarat belum mengisi nilai atau finalisasi data nilai belum dilakukan. Syarat-syarat pembatalan finalisasi akan dijelaskan selanjutnya.

Setiap tahapan akan dijelaskan lebih detil pada bagian selanjutnya dalam dokumen ini. Jika sekolah kesulitan mengisi, silahkan melaporkan permasalahan yang dihadapi pada kanal bantuan yang telah disediakan pada halaman kontak SNPMB.

Download Buku Panduan Pengisian PDSS 2023

Untuk lebih lengkap dan detailnya mengenai Panduan Pengisian PDSS Tahun 2023 silahkan download pada link di bawah ini, dimana buku ini terdapat pembahasan di antara nya :
1. Pendahuluan 
2. Login Sekolah
3. Profil 
4. Jurusan
5. Siswa
6. Kurikulum
6.1.Kurikulum per Semester
6.2.Mata Pelajaran per Kurikulum
7. Nilai
7.1.Nilai Siswa
7.2.Pengisian Status Khusus
7.3.Cetak Nilai Siswa
8. Finalisasi
8.1.Finalisasi Data Sekolah
8.2.Finalisasi Data Siswa
8.3.Finalisasi Data Kurikulum
8.4.Finalisasi Data Nilai 
9. Pembatalan Finalisasi 
9.1.Pembatalan Finalisasi Data Sekolah
9.2.Pembatalan Finalisasi Siswa Eligible
9.3.Pembatalan Finalisasi Kurikulum

Link download  Buku Panduan Pengisian PDSS 2023 PDF unduh disini

sekolah SNPMB