Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.
Penelusuran Trending (7 hari terakhir)

Download Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) Semua Jenjang 2022 PDF

Download Instrumen Akreditasi IASP PDF 2022 Infoopm.com - Download dan pelajari tentang akreditasi melalui Perangkat / Instrumen Akreditasi Tahun 2022

Download Instrumen Akreditasi IASP PDF 2022

Infoopm.com - Download dan pelajari tentang akreditasi melalui Perangkat / Instrumen Akreditasi Tahun 2022 (IASP SD 2022, IASP SMP 2022 dan IASP SMA 2022, IASP SMK Tahun 2022) , dengan maksud  agar diharapkan dapat memberikan gambaran secara komprehensif baik yang terkait dengan landasan filosifis, sosiologis, maupun yuridis, serta kerangka pikir penyusunan Instrumen Akreditasi tentang arah pengembangan Instrumen Akreditasi yang sudah disusun oleh BAN-S/M.

Pada Kesempatan arikel kali ini admin akan mebahas tentang Pedoman Instrumen Akreditasi yang digunakan oleh satuan pendidikan baik sekolah atau madrasah, mulai dari jenjang SD/ MI, SMP/ Mts, SMA/MA, SMK/ MAK dan SLB/ MLB , Instrumen ini bisa di download dan di pelajari guna untuk memahami butir-butir dan point dalam penilaian akrediatasi Dokumen Akreditasi Sekolah atau Madrasah merupakan seperangkat instrumen yang dibutuhkan dalam melaksanakan akreditasi sekolah atau madrasah. Dokumen tersebut dapat berupa: pedoman atau Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP), dokumen sekolah berupa bukti-bukti pengelolaan sekolah, mutu guru, capaian pembelajaran, dokumen sarana prasarana, dan segala sesuatu yang disayaratkan dalam akreditasi sekolah.

berdasarkan Peraturan Mendidbu RI No 13 Tahun 2018 dijelaskan tentang Akreditasi. Sebab, Permendikbud ini mengatur tentang Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah/ Madrasah dan BAN PAUD dan Pendidikan Nonformal dijelaskan tentang definisi akrediasi merupakan kegiatan kelayakan sekolah atau satuan pendidikan dasar dan menengah, PAUD dan pendidikan nonformal berdasarkan kriteria yang ditetapkan. Tujuannya adalah untuk memberikan penjaminan mutu pendidikan di sekolah tersebut.

Selain itu Badan Akreditasi Nasional (BAN) S/M dan BAN PAUD dan PNF adalah badan evaluasi mandiri. BAN ini berhak menetapkan kelayakan sekolah atau satuan pendidikan dasar, menengah, PAUD dan nonformal dengan mengacu pada SNP.

Akan tetapi menurut Keputusan Mendikbud RI No. 1005/P/2020 Tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar serta Menengah dapat dijelaskan memlaui pertimbangan yang ditulis dalam beberapa diktum, diantaranya:

bahwa dalam rangaka melaksanakan ketentuan Pasal 20 ayat (1) Peraturan Mendikbud Nomor 13 Tahun 2018 itu, yakni tentang tentang BAN S/M dan BAN PAUD dan PNF perlu menetapkan kriteria dan perangkat akreditasi yang dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Serta diktum lainnya dapat dibaca dalam Keputusan Mendikbud RI No. 1005/P/2020 Tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Selanjutnya satuan pendidikan dapat menelusuri juga di laman bansm.kemdikbud.go.id/.

dalam Keputusan Kesatu Mendikbud RI No. 1005/P/2020 Tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah, ditetapkan:

"Kriteria dan Perangkat Akreditasi sebagaimana tercantum dalam Lampiran I, II ,III,IV dan V sebagai keputusan yang tidak terpisahkan"

Berikut Lampiran-lampira tersebut diantaranya:

  • Lampiran I: Kriteria dan Perangkat Akreditasi SD/MI
  • Lampiran II: Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMP/ MTs
  • Lampiran III: Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMA/ MA
  • Lampiran IV: Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMK/ MAK
  • Lampiran V: Kriteria dan Perangkat Akreditasi SLB

Sedangkan Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) yang merupakan hasil uji coba IASP tahun 2020 berisi instrumen sebagai berikut.

A. Butir Kinerja Inti

  • Mutu Lulusan
  • Proses Pembelajaran
  • Mutu Guru
  • Manajemen Sekolah Madrasah

B. Butir Kinerja Kekhususan Mutu Guru

C. Butir Pemenuhan Relatif

D. Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi

  • Teknik Penskoran
  • Pemerintkatan Hasil Akreditasi

Download Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP 2022) Semua Jenjang

  1. Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Tahun 2022 Jenjang SD/MI : Disini
  2. Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Tahun 2022 Jenjang SMP/MTs :Disini
  3. Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Tahun 2022 Jenjang SMA/MA : Disini
  4. Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Tahun 2022 Jenjang SMK/MAK : Disini
  5. Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Tahun 2022 Jenjang SLB/MLB : Disini

Kemudian, bagi satuan pendidikan yang akan melaksanakan Akreditasi, agar memahami peraturan yang berlaku tentang Akreditasi dan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020. Tujuannya adalah agar dapat mempersiapkan diri sesuai dengan acuan dokumen serta dapat menyiapkan dokumen bukti fisiknya.

Download Contoh SK Tim Akreditasi Sekolah/Madrasah

Akreditasi IASP