Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.
Penelusuran Trending (7 hari terakhir)

DOWNLOAD PETUNJUK TEKNIS BANTUAN PENGUATAN DIGITALISASI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM SWASTA TAHUN ANGGARAN 2023 PDF

Petunjuk Teknis Bantuan Penguatan Digitalisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Tahun Anggaran 2023 Format PDF - untuk meningkatkan penerapan t


Petunjuk Teknis Bantuan Penguatan Digitalisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Tahun Anggaran 2023 Format PDF
- untuk meningkatkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung digitalisasi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta, perlu memberikan fasilitasi melalui Bantuan Penguatan Digitalisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Tahun Anggaran 2023

Selanjutnya untuk menjamin pelaksanaan Bantuan Penguatan Digitalisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Tahun Anggaran 2023 tepat sasaran, tepat guna, tepat waktu dan tepat jumlah, perlu ditetapkan petunjuk teknis atau Juknis, Petunjuk Teknis ini merupakan acuan dalam pelaksanaan Bantuan Penguatan Digitalisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Tahun Anggaran 2023.

Latar Belakang Penguatan Digitalisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Tahun Anggaran 2023

Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) merupakan satuan pendidikan tinggi Islam swasta di bawah Kementerian Agama yang menyelenggarakan Pendidikan tinggi keagamaan dalam rumpun ilmu agama Islam dan non agama Islam. Saat ini tercatat 700 lebih PTKIS, meliputi Institut, Sekolah Tinggi, dan Fakultas pada Perguruan Tinggi Umum Swasta (PTUS) seperti Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI), dan nama sejenis lainnya pada PTUS.

Dalam sejarah perjalaan PTKIS, harus diakui bahwa keberadaan PTKIS yang tumbuh dan berkembang di masyarakat telah terbukti memberikan kontribusi nyata bagi upaya pembangunan sumber daya manusia di Indonesia. Namun demikian PTKIS juga dituntut adaptif dan responsif dengan berbagai perubahan dan tantangan peradaban global yang terus bergerak secara dinamis.

Peradaban global yang ditandai dengan adanya perubahan sosial, ekonomi, budaya, dan teknologi tentu menjadi tantangan tersendiri bagi PTKIS. Karenanya PTKIS dituntut mampu menyiapkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif, baik dari segi hard skill maupun soft skill. Terlebih di era revolusi 4.0 dan society 5.0, dimana teknologi informasi dan komunikasi berbasis digital telah menjadi ekosistem dalam tatanan peradaban manusia modern.

Guna meningkatkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi di PTKIS yang juga selaras dengan pencapaian Rencana Strategis Kementerian Agama pada aspek Peningkatan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Pembelajaran, Kementerian Agama memandang perlu untuk memberikan fasilitasi pada PTKIS yang diwujudkan melalui skema Bantuan Penguatan Digitalisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Tahun Anggaran 2023.

Bantuan Penguatan Digitalisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Tahun Anggaran 2023 merupakan kategori bantuan pemerintah yang disalurkan dalam bentuk barang untuk mendukung pelaksanaan smart classroom dalam pembelajaran di PTKIS.

Smart classroom diharapkan akan menjadikan proses pembelajaran di PTKIS lebih mudah, flexibel dan efisien karena dibantu perangkat modern, interactive dan mudah pengoperasiannya. Disamping itu, teknologi berbasis internet dan cloud bermanfaat sebagai media komunikasi, informasi dan sosialisasi, serta dapat membangun ekosistem/budaya belajar digital. Belajar lebih mudah dan fleksibel, akses materi dan sumber ajar seperti silabus, ebook, e-modul, video pembelajaran dan lainnya semakin mudah diakses. Sekaligus menghemat pemakaian kertas (paperless) dan bisa mengembangkan inovasi baru dalam bidang pendidikan.

Bantuan Penguatan Digitalisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Tahun Anggaran 2023 diharapkan juga bisa menjadi media untuk desiminasi dan pengauatan moderasi beragama, sekaligus penunjang bagi para mahasiswa, pendidik, tenaga kependidikan PTKI dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Selanjutnya agar pelaksanaan Bantuan Penguatan Digitalisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Tahun Anggaran 2023 dapat tepat sasaran, tepat guna, tepat waktu, dan tepat jumlah, perlu diatur dengan Petunjuk Teknis Bantuan Penguatan Digitalisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Tahun Anggaran 2023.

DOWNLOAD PETUNJUK TEKNIS BANTUAN PENGUATAN DIGITALISASI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM SWASTA TAHUN ANGGARAN 2023

Petunjuk Teknis ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan Bantuan Penguatan Digitalisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Tahun Anggaran 2023. Ketentuan lebih lanjut mengenai halhal yang perlu dijabarkan lebih dalam secara khusus akan disusun kemudian berdasarkan ketentuan dalam Petunjuk Teknis ini, untuk download silahkan klik disini

bantuan simsapras