Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.
Penelusuran Trending (7 hari terakhir)

Download Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SMA tahun 2023 PDF

Download Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SMA tahun 2023 - pada kesempatan kali ini admin akan membagikan File PDF tentang Pedoman Olimp

Panduan OSN 2023

Download Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SMA tahun 2023 - pada kesempatan kali ini admin akan membagikan File PDF tentang Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SMA tahun 2023 Salah satu tugas strategis pada masa pembangunan jangka menengah tahun 2020-2024 adalah penyiapan sumber daya manusia unggul dan berdaya saing yang di antaranya dilakukan melalui upaya Manajamen Talenta Nasional (MTN) peserta didik. Dalam upaya ini, Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) melakukan tugas pengembangan potensi talenta peserta didik sejak dini melalui penyelenggaraan berbagai ajang talenta pada berbagai rumpun dan bidang ketalentaan, di antaranya pada rumpun Sains melalui ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk jenjang pendidikan menengah. OSN untuk jenjang SMA tahun 2023 ini diselenggarakan dengan mekanisme kompetisi yang hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya yang menggunakan mekanisme daring untuk seleksi di tingkat daerah. Namun, seiring dengan situasi pandemi yang semakin mengecil, untuk tingkat nasional, OSN direncanakan kembali dalam wujud luring, meskipun untuk jumlah sasaran pesertanya relatif tidak ada perubahan. Mekanisme daring pada seleksi daerah dan mekanisme luring pada tingkat nasional tentu menjadi sesuatu yang baru, penggabungan antara adaptasi pandemi dan model pascapandemi. Sesuatu yang akan sangat menarik bagi peserta didik yang menyukai tantangan dalam kompetisi di bidang sains. Pedoman ini merupakan norma, prosedur, dan kriteria OSN yang dapat menjadi pegangan peserta didik untuk mengikuti OSN dengan baik. Pedoman ini juga merupakan acuan bagi sekolah, Dinas Pendidikan serta pemangku lainnya untuk ikut serta memastikan para siswa dapat dibimbing dan diantarkan untuk meraih prestasi tinggi di bidang sains.

Latar Belakang penyelenggaraan OSN Tahun 2023

Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan nilai integritas tinggi merupakan salah satu syarat utama kemajuan sebuah bangsa. Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bakat dan minat peserta didik SMA/ MA, SMP/MTs dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Upaya-upaya tersebut dilakukan melalui berbagai kompetisi baik nasional maupun internasional. OSN ini diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, kompetisi sains telah menempatkan Indonesia pada posisi yang kompetitif di berbagai ajang internasional bergengsi dalam penguasaan sains dan teknologi oleh peserta didik. Oleh karena itu, melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan teknologi serta mencapai puncak potensi terbaiknya. Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukkan dengan lahirnya juara-juara kompetisi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi pada tingkat internasional.

Tujuan umum penyelenggaraan OSN

  1. Mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul.
  2. Mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Menciptakan atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat, serta mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di sekolah dan semua pemangku kepentingan.
  4. Menguatkan kelembagaan dalam rangka menuju Manajemen Talenta Nasional (MTN) yang berkesinambungan.

Tujuan Khusus penyelenggaraan OSN :

  1. Menyelenggarakan seleksi peserta didik secara berjenjang dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota,tingkat provinsi, dan tingkat nasional yang mempunyai kompetensi/ kemampuan dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.
  2. Mendapatkan calon peserta untuk mewakili Indonesia pada kompetisi sains tingkat internasional.
  3. Membangun basis data nasional peserta didik yang bertalenta dalam bidang sains.

Hasil yang Diharapkan dari OSN 2023

  1. Terselenggaranya seleksi peserta OSN bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi secara berjenjang dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, sampai ke tingkat nasional.
  2. Terpilihnya calon peserta Olimpiade Sains Nasional tingkat kabupaten/kota (OSN-K) untuk diikutsertakan ke tingkat provinsi (OSN-P), terseleksinya pemenang OSN-P untuk diikutsertakan ke tingkat nasional (OSN)
  3. Terpilihnya peserta didik terbaik dari OSN yang akan dipersiapkan untuk mengikuti olimpiade sains tingkat internasional.
  4. Terciptanya basis data talenta nasional dalam bidang sains.

Tema dan Tagar OSN Tahun 2023

OSN 2023 mengusung tema “Berprestasi Membangun Kolaborasi ”, dengan tagar #berprestasimembangunkolaborasi #MERDEKA BERPRESTASI Talenta Sains Mengispirasi

Sasaran Kegiatan OSN Tahun 2023

Sasaran pelaksanaan OSN ini adalah peserta kompetisi pada jenjang SMA/MA/Sederajat dan SMP/MTs yang telah lolos melalui seleksi OSN-K (ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia) dan OSN-P (Ditetapkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia).

Download Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SMA tahun 2023

Untuk panduan Lengkap dan lebih jelasnya bapak ibu bisa download pada link yang admin sediankan dibawah ini, silahkan bapak ibu pelajari untuk mekanismenya lebih lanjut , silahkan download disini, semoga bermanfaat

dinas sekolah