Download Pedoman Pelaksanaan OPSI SMA Tahun 2022

Download Pedoman Pelaksanaan OPSI SMA Tahun 2022

Pedoman Pelaksanaan OPSI SMA Tahun 2022 -  Buku ini akan menjelaskan informasi mengenai peraturan dan mekanisme kegiatan OPSI SMA sebagai pedoman bagi penyelenggara OPSI Tahun 2022. Akhir kata, semoga penyelenggaraan OPSI tahun 2022 lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) digelar sebagai agenda penting Pusat Prestasi Nasional dalam rangka membangun manusia Indonesia yang berkarakter kreatif dan inovatif. OPSI berfokus pada karakter ilmiah ditumbuhkan melalui kegiatan kompetisi dalam rangka mengembangkan kemerdekaan berpikir siswa untuk terus meneliti. Ide-ide dalam penelitian dapat digali dari berbagai gejala, peristiwa, dan potensi yang ada di lingkungan sekitar siswa. Melalui kegiatan ini, kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar, termasuk menggali potensi sumber daya lokal yang memiliki dampak global akan terus ditumbuhkan. Dengan demikian, OPSI menjadi wadah bagi para siswa SMA/MA/sederajat untuk mengaktualisasikan bakat, minat, dan kemampuan dalam meneliti dan berinovasi serta menanamkan budaya meneliti di kalangan siswa. Kegiatan ini juga merupakan seleksi karya penelitian unggul untuk diikutsertakan dalam berbagai kompetisi penelitian, forum ilmiah, serta publikasi nasional dan internasional.

Pada tahun 2022 ini, Pusat Prestasi Nasional berkomitmen untuk tetap menyelenggarakan kompetisi penelitian ilmiah untuk para siswa SMA/MA/sederajat yang dikemas dalam kegiatan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) serta meningkatkan kualitas penyelenggaraannya. Tema yang ditetapkan pada OPSI Tahun 2022 adalah Inovasi Potensi Lokal untuk Pemulihan Indonesia dan Dunia dalam Bidang Ekonomi Hijau, Ekonomi Biru, Kesehatan Global, Transformasi Digital, dan Energi yang Berkelanjutan.

HASIL YANG DIHARAPKAN DARI KEGIATAN OPSI SMA 2022

  • Termotivasinya siswa SMA/MA untuk berkreasi dan berinovasi dalam penelitian pada berbagai bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya.
  • Terbangunnya integritas dan sikap bertanggung jawab, kepedulian yang tinggi, kemampuan berpikir logis dan analitis, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, kemandirian, kepercayaan diri, serta keterampilan menyajikan gagasan ilmiah baik secara lisan melalui presentasi maupun tulis melalui karya ilmiah.
  • Tertanamnya budaya meneliti di kalangan siswa.
  • Terjaringnya siswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang penelitian.
  • Terjalinnya komunikasi antarsiswa peneliti dari berbagai daerah melalui temu karya penelitian.
  • Terpilihnya siswa untuk diikutsertakan dalam berbagai kompetisi penelitian, forum ilmiah, serta publikasi nasional dan internasional.
  • Terwujudnya apresiasi dunia industri dan masyarakat terhadap hasil penelitian siswa.
  • Tersosialisasinya kegiatan dan hasil penelitian siswa kepada masyarakat dan dunia usaha/industri.