Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cek Keaktifan NUPTK di gtk.data.kemdikbud.go.id

Cek Keaktifan NUPTK di gtk.data.kemdikbud.go.idBapak ibu guru sebagai guru atau tenaga kependidikan yang bekerja di bawah naungan kementrian pendidikan dan kebudayaan tentu tidak mau dianggap ilegal, NUPTK adalah salah satu bukti bahwa anda adalah memiliki identitas resmi sebagai seorang Guru atau tenaga kependidikan

Fungsi Lain dari NUPTK pun masih banyak manfaatnya diantaranya mendaftar PPG dan meningkatkan tata kelola data Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada satuan pendidikan

Sedangkan NUPTK sendiri simgkatan dari Nomor Unik Pendidik Dan Tenaga Kependidikan diiterbitkan oleh Kemendikbud melalui PDSPK.

Jumlah NUPTK terdiri dari 16 Digit nomor unik yang berbeda-beda sehingga sulit terjadi NUPTK Ganda. Tapi kasus lain yang sering terjadi adalah NUPTK bisa saja terdaftar bukan nama kita atau statusnya tidak aktif.

Oleh karena itu pada tahun 2021 ini perlu diingatkan lagi agar seluruh GTK bisa mengecek status keaktifan NUPTK-nya secara mandiri sehingga tahu bagaimana keadaanya NUPTKnya masing-masing.

Sedangkan bagi teman-teman guru yang belum memiliki NUPTK, tapi sudah terdaftar pada aplikasi Dapodik. Silahkan mengajukan usulan memiliki NUPTK melalui Portal Resminya dengan melengkapi persyaratan sesuai aturan yang berlaku.

Cara Cek Keaktifan NUPTK

Bapak ibu guru sesuai judul postingan admin bahwa untuk mengcek keatifan NUPTK bisa dilakukan secara mandiri

Untuk lebih jelasnya langsung saja ikuti langkah-langkah dibawah ini sebagai pedoman bagi GTK yang ingin mengecek status nuptk nya.

  1. silahkan akses tautan cek keaktifan NUPTK berikut ini "http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status". Agar lebih mudah bisa langsung KLIK DISINI.
  2. Ketikkan atau salin NUPTK anda kedalam form (kotak) yang tersedia, lalu klik ikon pencarian
  3. Jika NUPTK benar, maka akan ditampilkan data "NUPTK" anda dengan status "NUPTK AKTIF (terdata di DAPODIK)" kurang lebih sepperti penampakkan gambar dibawah

demikianlah postingan admin kali ini semoga bermanfaat