Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.
Penelusuran Trending (7 hari terakhir)

Download Modul Ajar jenjang PAUD,TK,RA Kurikulum Merdeka

Infoopm.com - Download Modul Ajar jenjang PAUD,TK,RA Kurikulum Merdeka - Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Dalam proses pembelajaran guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Modul ajar adalah salah satu bentuk perangkat ajar yang digunakan seorang pendidik guna untuk melaksanakan pembelajaran dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran. Modul ajar merupakan penjabaran dari Alur Tujuan Pembelajaran dan disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan murid.

Modul ajar sama seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), namun yang membedakan adalah dilengkapi dengan berbagai materi pembelajaran, lembar aktivitas siswa, dan asesmen untuk mengecek apakah tujuan pembelajaran dicapai siswa.

Modul ajar PAUD jenjang TK/RA/KB mengacu ke Kurikulum Merdeka sebagai paradigma baru dalam pendidikan Indonesia yang mulai di implementasikan diseluruh satuan pendidikan secara bertahap.

Guru PAUD jenjang TK/RA/KB harus mampu merancang modul ajar yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran PAUD kurikulum merdeka.

Lalu apa saja karakteristik pembelajaran PAUD kurikulum merdeka sebagai acuan dalam penyusunan modul ajar PAUD TK/RA.

Pertama, Pembelajaran pada jenjang PAUD bersifat “children center”, artinya pembelajaran berfokus pada pengembangan kompetensi anak dengan memperhatikan karakteristik anak, baik minat maupun gaya belajarnya.

Dengan kata lain, modul ajar TK/RA kurikulum merdeka tidak lagi dirancang dengan memaksakan konten/materi dan kegiatan sesuai keinginan guru, akan tetapi menyesuaikan dengan kebutuhan anak.

Kedua, dalam modul ajar kurikulum merdeka, guru bertindak sebagai fasilitator bukan sebagai penentu, artinya guru bertanggung jawab untuk memfasiltasi atau mewadahi segala bentuk aktivitas anak itu sendiri.

Memberikan kebebasan/kesempatan kepada anak untuk memilih sendiri aktivitas bermainnya “bermain dengan siapa, memakai apa dan bagaimana caranya” menjadi kewenangan anak itu sendiri saat bermain.

Dalam hal ini bukan berarti guru lepas tangan dan tidak memperhatikan anak, akan tetapi saat itu guru bertanggung jawab mengawasi, mengamati, mencatat dan mendokumentasikan kegiatan pembelajaran sebagai bentuk penilaian otentik.

Download Modul Ajar jenjang PAUD,TK,RA Kurikulum Merdeka

sesuai dengan artikel kali ini akan membagikan Download Modul Ajar jenjang PAUD,TK,RA Kurikulum Merdeka dimana konsep dalam Konsep Modul Ajar antara lain:

  1. Modul ajar ialah sejumlah alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik.
  2. Modul ajar ialah merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran.
  3. Modul ajar ialadisusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik, mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang.
  4. Guru perlu memahami konsep mengenai modul ajar agar proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna.
baiklah untuk lanjut Download Modul Ajar jenjang PAUD,TK,RA Kurikulum Merdeka silahkan klik link tautan dibawah ini

  • Modul Ajar Berdifirensi PAUD Unduh
  • Modul ajar PAUD tema Keluarga Indonesia Unduh
  • Modul ajar PAUD tema Banjir dan Hujan Unduh
  • Modul ajar PAUD tema Sirong pergi ke sekolah Unduh
  • Modul ajar PAUD tema Roda Unduh
  • Modul ajar PAUD tema Pohon (Modul ajar Mingguan) Unduh
  • Modul ajar PAUD tema Pohon Unduh
  • Modul ajar PAUD tema Dokter Hewan Unduh
  • Modul ajar PAUD tema Kicau Burung Ketilang Unduh
  • Modul ajar PAUD berbasis buku Unduh
  • Modul ajar PAUD tentang Angin dan Cahaya Unduh

demikian lah Download Modul Ajar jenjang PAUD,TK,RA Kurikulum Merdeka semoga bermanfaat.

administrasi