Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.
Penelusuran Trending (7 hari terakhir)

Download Modul Silabus Olimpiade Sains Nasional OSN SMP 2022

Download Modul Silabus Olimpiade Sains Nasional OSN SMP 2022 Silabus OSN SMP 2022 - Olimpiade Sains Nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama (OSN-SMP

Download Modul Silabus Olimpiade Sains Nasional OSN SMP 2022

Silabus OSN SMP 2022 - Olimpiade Sains Nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama (OSN-SMP) merupakan salah satu wadah strategis untuk menyiapkan sumber daya manusia dengan kemampuan yang handal dibidang sains dan memiliki karakter kuat, kokoh, dan tahan uji. Efektifitas program tersebut ditentukan melalui proses persiapan pra kompetisi melalui tahap penyisihan dan tingkat nasional.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan salah satu kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan pembangunan Sumber Daya Manusia dalam bidang sains. OSN SMP merupakan ajang silaturahmi para pencinta Sains jenjang SMP dan sederajat di seluruh Indonesia pada cabang lomba Matematika, IPA, dan IPS.

OSN dilaksanakan secara berjenjang dalam dua tahap, yaitu babak penyisihan dan babak final. Penyelenggaraan OSN diharapkan mampu meningkatkan atmosfer kecintaan terhadap dunia sains sekaligus menanamkan karakter kompetitif, sportif, produktif, dan jujur pada peserta didik SMP sejak dini.

Penyelenggaraan OSN telah memotivasi banyak sekolah untuk mengembangkan program peningkatan mutu pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS. Hal tersebut mengindikasikan bahwa dampak positif dari kegiatan OSN sudah nampak dan menjadi gerakan nasional untuk mengembangkan mutu dan kualitas pendidikan sains mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi dan hingga di level nasional.

Untuk memperluas dampak positif tersebut, diperlukan informasi yang dapat membantu sekolah dalam rangka akselerasi pemahaman program peningkatan mutu pembelajaran bidang studi Matematika, IPA, dan IPS. Diharapkan silabus ini dapat memberikan informasi bagi pihak-pihak terkait dalam mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti OSN SMP tahun 2022

Silabus OSN-SMP tahun 2022 bertujuan untuk memberikan informasi cakupan dan urutan materi sesuai dengan kurikulum sekolah dasar. Silabus ini dapat dijadikan pedoman pihak terkait dalam rangka persiapan untuk mengikuti ajang tersebut.

Buku Silabus OSN SMP MTS tahun 2022 Penguasaan ilmu pengetahuan seperti Matematika dan IPA merupakan salah satu modal utama bagi kemajuan suatu bangsa. Tingkat penguasaannya menjadi salah satu indikator seberapa jauh suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologinya. Untuk menguasai dan menciptakan teknologi dimasa depan diperlukan penguasaan Matematika dan IPA yang kuat sejak dini. Upaya tersebut harus ditempuh dengan merealisasikan pendidikan yang berorientasi pada kemampuan berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, paradigma pendidikan yang mengedepankan peningkatan daya nalar, kreativitas, serta berpikir kritis harus diaplikasikan dalam setiap langkah pengembangan kebijakan pendidikan ke depan.

Pusat Prestasi Nasional melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan melalui penyelenggaraan kompetisi Matematika dan IPA yang dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN). OSN-SMP telah dirintis sejak tahun 2003. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika dan IPA sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu melalui kegiatan OSN ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif. Kemampuan-kemampuan itulah yang diperlukan agar peserta didik dapat bertahan pada keadaan yang penuh kompetisi. Selain itu melalui kegiatan kompetisi ini sekaligus juga dipersiapkan peserta didik untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan. Efektifitas program Olimpiade Sains Nasional ditentukan antara lain melalui proses persiapan pra Kompetisi baik di penyisihan maupun nasional. Pada tahun 2022 Pusat Prestasi Nasional memprogramkan pembuatan Silabus OSN tahun 2022.

Silabus OSN-SMP tahun 2022 berisi tentang Silabus soal OSN serta pengembangan materi sesuai dengan olimipiade sains tingkat Internasional, dengan diberikannya informasi tentang cakupan silabus materi yang ada dalam silabus ini sehingga dapat dijadikan pedoman oleh pihak terkait dalam rangka persiapan untuk mengikuti ajang Olimpiade Sains Nasioanal Sekolah Menengah Pertama tahun 2022

untuk download Silabus OSN Jenjang SMP 2022 silahkan download pada link dibawah ini:


dinas sekolah