Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Patch Aplikasi Dapodik Versi 2022.A Kurikulum Sekolah Penggerak

Download Patch Aplikasi Dapodik Versi 2022.A Untuk Kurikulum Sekolah Penggerak. Kemendikbud merilis Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2022.a untuk mengakomodir Program Sekolah penggerak dengan merilis Patch Aplikasi Dapodik Versi 2022.a untuk Kurikulum Sekolah Penggerak. Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru)

Menindaklanjuti pelaksanaan Program Sekolah Penggerak, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah telah melakukan pemutakhiran Aplikasi Dapodik versi 2022.a. dengan merilis Patch Aplikasi Dapodik Versi 2022.a untuk Kurikulum Sekolah Penggerak.  Pembaruan dan perbaikan aplikasi dilakukan untuk menunjang pendataan yang lebih baik.

Sebelum mengudate Aplikasi Dapodik versi 2022.a untuk Kurikulum Sekolah Penggerak, Pastikan Satuan pendidikan sudah Instal Aplikasi Dapodik versi 2022. Untuk memperbarui Aplikasi Dapodik 2022 ke versi 2022.a dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Unduh patch 2022.a pada laman https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan;

  1. Install patch 2022.a;
  2. Refresh browser (ctrl+F5);
  3. Login Aplikasi Dapodik;
  4. Pastikan tampilan aplikasi sudah menggunakan versi 2022.a;
  5. Gunakan fitur tarik data untuk pembaruan referensi aplikasi.

Bagi Sekolah Penggerak agar dapat mengupdate pembelajaran menjadi Kurikulum Sekolah Penggerak dapat mengikuti Langkah berikut:

  1. Login Aplikasi Dapodik;
  2. Bagi Sekolah Penggerak Jenjang SMA, pastikan pada menu Program Pengajaran dilayanan sudah dipilih Kurikulum Merdeka / Kuriklum Sekolah Penggerak;
  3. Pilih Menu Rombongan Belajar;
  4. Klik Tambah Rombongan Belajar;
  5. Isisemua kolom dan pastikan kolom kurikulum dipilih Kurikulum Merdeka atau Kuriklum Sekolah Penggerak;
  6. Klik Simpan.

Catatan Bagi Sekolah Penggerak yang sudah Sinkron Dapodik Kelas 1, 4, 7 dan 10 :

  1. Keluarkan anggota rombel dari kelas 1, 4, 7 dan 10
  2. Hapus pembelajaran semua yang ada di kelas 1, 4, 7 dan 10
  3. Jika Anggota Rombel dan Pembelajaran sudah kosong, silahkan Hapus Rombel
  4. Silahkan membuat rombel baru dengan Kurikulum Merdeka

selanjutnya bapak ibu silahkan kunjungi link Download Patch Aplikasi Dapodik Versi 2022.A Kurikulum Sekolah Penggerak Pembaruan dan perbaikan aplikasi dilakukan untuk menunjang pendataan yang lebih baik