Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyelenggaraan Uji Keterbacaan dan Validasi Instrumen AKMI Tahun 2021

Penyelenggaraan Uji Keterbacaan dan Validasi Instrumen AKMI Tahun 2021 - Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia, disingkat AKMI adalah penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya pada jenjang MI, MTs dan MA. Hasil asesmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan perbaikan pembelajaran. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, sejak tahun 2020 telah melaksanakan kegiatan persiapan penyelenggaraan AKMI yang meliputi penyusunan roadmap AKMI, kerangka asesmen, spesifikasi item, kisi-kisi, naskah soal dan penyusunan modul tindak lanjut perbaikan pembelajaran.

Penyelenggaraan Uji Keterbacaan dan Validasi Instrumen AKMI Tahun 2021

Dalam rangka menghasilkan instrumen AKMI yang berkualitas, akan dilaksanakan kegiatan uji keterbacaan instrumen AKMI yang melibatkan Guru MI, MTs dan MA terpilih dari perwakilan 34 provinsi. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan validasi instrumen AKMI dengan melibatkan madrasah negeri dan swasta perwakilan dari 34 provinsi. Kegiatan validasi diperuntukkan bagi Siswa kelas 5 (lima) MI, kelas 8 (delapan) MTs dan kelas 11 (sebelas) MA.

Pelaksanaan validasi instrumen AKMI dilaksanakan serentak pada bulan Agustus 2021 dengan berbasis komputer. Pelaksanaan validasi diawali dengan simulasi aplikasi AKMI yang melibatkan helpdesk, proktor, guru kelas, dan siswa. Tujuan simulasi untuk menguji kehandalan aplikasi dan mensosialisasikan cara mengerjakan soal AKMI

TUJUAN AKMI Tahun 2021

Tujuan pelaksanaan uji keterbacaan instrumen AKMI adalah untukmenguji keberfungsian bahasa, materi, gambar, serta tata letak yang digunakan pada setiap butir soal instrumen AKMI untuk keperluan

penyempurnaan instrumen AKMI. Sedangkan validasi instrumen AKMI bertujuan untuk menguji kualitas atau kehandalan instrumen AKMI sehingga layak dipergunakan sebagai instrumen dan mampu mendiagnosis kompetensi siswa madrasah sebagaimana yang telah ditargetkan.

SASARAN AKMI Tahun 2021

  1. Sasaran kegiatan uji keterbacaan instrumen AKMI adalah guru madrasah jenjang MI, MTs dan MA perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia.
  2. Sasaran kegiatan validasi instrumen AKMI Tahun 2021 adalah Siswa kelas 5 (lima) MI, kelas 8 (delapan) MTs dan kelas 11 (sebelas) MA perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia

HASIL YANG DIHARAPKAN AKMI Tahun 2021

Kegiatan uji keterbacaan dan validasi instrumen AKMI Tahun 2021 ini diharapkan:

  1. Menghasilkan instrumen AKMI yang berkualitas (validitas, reliabilitas, analisis butir soal dan properti psikometri lainnya) yang akan digunakan pada saat implementasi AKMI.
  2. Mampu menguji kehandalan aplikasi AKMI.
  3. Menghasilkan HD, proktor dan guru madrasah yang terampil dan mampu mendampingi penggunaan platform aplikasi AKMI.

PESERTA KEGIATAN AKMI Tahun 2021

  • Peserta uji keterbacaan instrumen AKMI Tahun 2021 adalah guru MI, MTs dan MA yang telah ditunjuk dan didaftarkan oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi kepada Panitia Pusat, berjumlah 415 orang perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia.
  • Peserta Validasi Instrumen AKMI Tahun 2021 adalah:

  1. Siswa kelas 5 (lima) MI dari 115 MI perwakilan dari 34 provinsi.
  2. Siswa kelas 8 (delapan) dari 118 MTs perwakilan dari 34 provinsi.
  3. Siswa kelas 11 (sebelas) dari 110 MA perwakilan dari 34 provinsi.
  • Helpdesk provinsi, guru pengawas, proktor dan teknisi madrasah yang telah ditunjuk dan didaftarkan oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi kepada Panitia Pusat.

WAKTU, TEKNIK DAN TEMPAT

  1. Kegiatan uji keterbacaan dan validasi instrument AKMI akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2021.
  2. Kegiatan uji keterbacaan dan validasi instrumen AKMI akan dilaksanakan secara daring/online. Guru mengerjakan uji keterbacaan secara online langsung melalui aplikasi AKMI. Begitu juga siswa mengerjakan soal AKMI secara daring/online langsung melalui aplikasi AKMI. Siswa mengerjakan soal AKMI dapat menggunakan komputer, laptop, tablet maupun HP android.
  3. Mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka kegiatan uji keterbacaan maupun validasi instrumen AKMI dapat dilaksanakan dari rumah masing-masing dan/atau di madrasah sesuai kebijakan pembelajaran yang berlaku pada masa pandemi sesuai kondisi level dan zona wilayah masing-masing.

untuk tutorial chanel Youtube silahkan kunjungi di www.TsMedia.com

Untuk gabung Grub Telegram Kami silahkan klik di sini Lingkup Pendidikan

Untuk Gabung Grub Whatsapp I Kami silahkan klik di sini Lingkup Pendidikan

Untuk Gabung Grub Whatsapp II Kami silahkan klik di sini Lingkup Pendidikan