Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Pelaksanaan MATSAMA Tahun Pelajaran 2021/2022

Panduan Pelaksanaan MATSAMA Tahun Pelajaran 2021/2022Setiap tahun ajaran baru, proses pembelajaran di lingkungan Madrasah pada semua jenjang, mulai dari tingkat Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyyah (MI) sampai dengan Madrasah Aliyah (MA) selalu diawali dengan masa orientasi atau pengenalan mengenai lingkungan Madrasah kepada peserta didik baru. Kegiatan ini biasanya dikenal dengan istilah “Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA)”. Melalui kegiatan inilah, para peserta didik baru akan dikenalkan mengenai sistem pembelajaran, ciri khas, karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah. Sehingga keberadaan dari MATSAMA ini akan turut menentukan berhasil atau tidaknya seluruh proses pembelajaran di Madrasah pada masa selanjutnya.

Panduan Pelaksanaan MATSAMA Tahun Pelajaran 2021/2022

Untuk itulah, seluruh rangkaian kegiatan MATSAMA harus lebih bersifat edukatif,mampu menumbuhkan kreatifitas dan inovasi kepada para peserta didik. Sehinggadalam pelaksanaannya, seluruh kegiatan Matsama harus mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada para peserta didik baru. Sebagaimana tercantum dalam pedoman penyelenggaran pendidikan Nasional dan PeraturanMenteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016, tentang Pengenalan Lingkungan sekolah Bagi Siswa baru.

Selain itu, kegiatan MATSAMA ini tidak lepas dari visi dan misi Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia, yaitu mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara akal, tetapi juga matang secara spiritual dan berkarakter ke- Indonesia-an. Sebagai bentuk ejawantah dari visi Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo dalam periode pemerintahan 2019-2024 yang menitikberatkan pada pembangunan Sumber Daya Manusia Indonesia.Namun demikian, karena tahun ajaran baru 2021/2022 bangsa Indonesia masih berada pada nuansa Pandemi Covid-19, maka pola pelaksanaan kegiatan MATSAMA pun harus menyesuaikan dengan standar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Meskipun, secara substansi, kegiatan tujuan dan visi dari kegiatan MATSAMA ini tetap mengarah pada tujuan awalnya. 

nah pada kesempatan kali ini admin berbagi panduan Panduan Pelaksanaan MATSAMA Tahun Pelajaran 2021/2022 tentu panduan ini sangat diperlukan, silahkan bapak ibu unduh file panduan nya disini, semoga bermanfaat, semoga selalu diberikan kemudahan untuk segala urusan AMIN...

Jangan Lupa juga gabung dengan Fans Page Facebook kami klik  Info Madrasah

untuk tutorial chanel Youtube silahkan kunjungi di www.TsMedia.com

Untuk gabung Grub Telegram Kami silahkan klik di sini Lingkup Pendidikan

Untuk Gabung Grub Whatsapp I Kami silahkan klik di sini Lingkup Pendidikan

Untuk Gabung Grub Whatsapp II Kami silahkan klik di sini Lingkup Pendidikan